Bakal Berlaku Tahun Ini, Kendaraan Apa Saja yang Dibatasi ‘Minum’ Pertalite?

Jakarta – Pemerintah berharap aturan pembatasan Pertalite bisa berjalan tahun ini. Lalu kendaraan apa saja yang nantinya boleh menggunakan Pertalite?
Pemerintah masih terus membahas revisi revisi Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014. Dalam revisi Perpres itu bakal diatur soal pengguna BBM subsidi seperti Solar dan juga Pertalite. Menteri ESDM Arifin Tasrif menargetkan aturan itu bisa berjalan mulai tahun ini. Terlebih pembahasan sudah dilakukan sejak setahun belakangan.

“Nanti akan ada kategori kendaraan yang kelas mana yang boleh pakai solar, yang boleh Pertalite. Umumnya yang dikasih untuk yang solar itu kendaraan yang angkut bahan pangan, bahan pokok, angkutan umum, supaya nggak menambah beban masyarakat yang memerlukan,” terang Arifin dikutip detikFinance belum lama ini.

Pembahasan soal pembatasan Pertalite memang sudah dilakukan sejak tahun lalu. Wacananya, hanya mobil-mobil yang masuk ketentuan masih bisa ‘menenggak’ Pertalite.

Untuk mobil, Anggota Komite BPH Migas Abdul Halim pernah menyebut ada dua usulan. Pertama melarang semua kendaraan pelat hitam mengkonsumsi Pertalite. Skenario kedua adalah hanya mobil di bawah 1.400 cc yang boleh ‘menenggak’ Pertalite. Sedangkan untuk motor, hanya kapasitas di bawah 150 cc yang nantinya masih boleh mengkonsumsi Pertalite.

“Dari sisi JBKP itu ada pembatasan, terutama untuk motor semuanya kecuali motor yang di atas 150 cc, itu skenario-skenarionya. Kemudian mobil pelat hitam ada dua skenario, seluruh mobil pelat hitam akan dilarang atau opsi dua mobil dengan kapasitas maksimum 1.400 cc nah ini revisi yang kita ajukan opsinya,” kata Abdul pada Februari 2023.

Menyoal kriteria tersebut sebelumnya sempat disinggung juga oleh Arifin pada Oktober 2023. Dia menekankan, mobil yang memiliki CC 3.500 ataupun yang 4.000 CC sudah seharusnya tidak menggunakan BBM bersubsidi Pertalite, lantaran bisa merusak mesin mobil.

“Untuk jenis kendaraan apa yang berhak, masa yang kelas 3.500 CC, 4.000 CC masa pakai (Pertalite), kan ngerusak mesinnya sendiri, kalau bisa beli (mobil) yang CC gede, duitnya banyak kan,” jelas Arifindikutip CNBC Indonesia.

Sejauh ini belum dijelaskan mendetail soal kriteria kendaraan yang masih boleh menggunakan Pertalite tersebut. Kalaupun nantinya tidak ada perubahan, yaitu hanya mobil berkapasitas maksimal 1.400 cc, artinya hanya model tertentu yang boleh mengisi BBM RON 90 keluaran Pertamina itu. Sedangkan di luar itu, maka harus menenggak BBM nonsubsidi.

Toyota Avanza,
Daihatsu Xenia,
Mitsubishi Xpander,
Wuling Confero S,
Honda Mobilio,
Nissan Livina,
Suzuki Ertiga
Hyundai Stargazer
SUV

Honda HR-V,
Daihatsu Terios,
Nissan Magnite,
Renault Triber
DFSK Glory 560
Wuling Almaz RS
Toyota Rush
Mazda CX-5
Peugeot 3008
Toyota Fortuner
Mazda CX-3
Peugeot 5008
Peugeot 3008
Segmen Sedan
Honda City,
Toyota Vios,
Mercedes-Benz A 200
Mazda 2 sedan
Toyota Camry
Toyota Supra
Mazda 3 sedan
Hatchback

Honda City Hatchback RS,
Toyota Yaris, dan
Mazda 2 hatchback
Suzuki Baleno Hatchback
MPV Medium

Toyota Kijang Innova
Nissan Serena
Toyota Alphard
Toyota Voxy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *